SEKOLAH : SMA NEGERI 3 TEBINGTINGGI
MATA PELAJARAN : BIOLOGI
KELAS/SEMESTER : X / GANJIL
TAHUN PELAJARAN : 2010 / 2011
STANDART KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER / ALAT / BAHAN |
1. Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu | 1.1. Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi | * Bilologi merupakan ilmu yang mengkaji makhluk hidup dengan segala permasalahnnya. Biologi bagian dari sains yang memiliki karakteristik yang ama dengan ilmu sains lainnya * Bekerja ilmiah Dalam mengembangkan dan mempelajari biologi digunakan metode ilmiah. Para ilmuan harus mampu melakukan kerja ilmiah dan mampu bersikap ilmiah | Tatap muka * Melakukan pengamatan kegiatan yang berkaitan dengan Biologi * Menganalisa kedudukan ilmu biologi dengan ilmu lain dalam pengembangan IPTEK Tugas terstruktur * Melakukan pengamatan lapangan menemukan ruang lingkup yang berkaitan dengan ilmu biologi | * Menjelaskan karakteristik ilmu biologi * Menjelaskan apa yang dikaji oleh ilmu biologi * Menunjukkan kedudukan dan keterkaitan biologi dengan ilmu yang lain * Menjelaskan keterkaitan bologi dengan metode imiah * Memberikan contoh pemecahan masalah biologi dengan metode ilmiah * Memberikan contoh manfaat mempelajari biologi | Jenis tagihan : Tugas individu, tugas kelompok, ulangan harian Bentuk Instrumen : - Produk penganmatan unjuk kerja - Pengamatan sikap - Tes PG - Tes uraian | 4 x 45” (180 mnt) 150 menit | Sumber : buku acuan yang relevan, Koran, majalah. Alat :Mikroskop,Gelas kimia,Pipet tetes,Kaca objek,Cover glass Bahan : LKS,Bahan,Persentase,Gambar /carta/ foto keilmuan |
1.2 Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan | * Kajian biologi meliputi makhluk hidup dengan segala permasalahannya * Masalah biologi pada berbagai organisasi kehidupan * Dalam mempelajari dan mengembangkan ilmu biologi digunakan metode ilmiah | Tatap muka * Menganalisis apa saja yang menjadi objek biologi menggunakan gambar / carta Tugas terstruktur * Menyaksikan video/CD tentang kerja seorang ahli biologi dalam memecahkan masalah keilmuan, menemukan sistematika metode ilmiah Tugas mandiri tidak terstruktur * Menemukan permasalahan biologi melalui pengamatan kondisi lingkungan sekolah dan mengusulkan alternative pemecahan masalah melalui kerja kelompok | * Memberikan contoh objek biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan * Memberikan contoh masalah biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan * Mengusulkan alternative pemecahan masalah biologi dengan rencana penelitian sederhana yang dapat dilakukan * Memberikan contoh manfaat mempelajari biologi | Jenis tagihan : tugas kelompok, ulangan harian Bentuk tagihan : unjuk kerja, pengamatan sikap, pilihan ganda, uraian | 4 x 45” (180 mnt) 60 menit 48 menit | Sumber : buku acuan yang relevan, Koran, majalah.LKS - Bahan persentaseGambar / carta / foto keilmuan | |
2. Memahami prinsip – prinsip pengelompokan makhluk hidup | 2.1 Mendeskripsikan cirri – cirri replikasi virus dalam kehidupan | * Cirri – cirri virus: merupakan organism aseluler,dapat dikristalkan,dan hanya dapat berkembang biak pada sel – sel yang hidup * Replikasi virus: virus dapat bereplikasi (berkembangbiak) dengan cara menempel pada inangnya(bakteri) secara lisis atau lisogenik * Peranan virus dalam kehidupan yaitu sebagai vector dalam rekayasa genetika.Virus merugikan karena dapat menyebabkan penyakit seperti hep[atitis, influenza Tapi virus juga ada yang menguntungkan manusia yaitu dalam rekayasa genetika | Tatap muka * Menganalisis struktur tubuh virus, membandingkannya dengan makhluk hidup lain yang seluler prokariotik dan eukariotik yang multiseluler menggunakan gambar/foto melalui diskusi kelas * Menyimpulkan cara replikasi virus dari hasil kajian literature melalui diskusi * Mengidentifikasi cara menghindari bahaya virus Tugas terstruktur * Mengidentifikasi cirri – cirri virus berdasarkan referensi gambar/charta/foto dari buku – buku literature melalui tugas individu * Membuat gambar struktur tubuh virus dan model virus tiga dimensi melalui kerja kelompok * Melakukan kajian literature menemukan cara virus hidup dan melakukan cara replikasi pada sel/ jaringan hidup melalui tugas terstruktur | * Mengidentifikasikan cirri – cirri virus * Membedakan struktur tubuh virus dari makhluk lainnya * Menjelaskan cara replikasi virus * Mengidentifikasi virus yang berbahaya dan merugikan * Menjelaskan peranan virus yang menguntungkan dan merugikan * Mengkomunikasikan cara menghindar dari bahaya virus mis Flu burung, Flu babi, influenza, AIDS, dll | Jenis tagihan: tugas kelompok, tugas mandiri, unjuk kerja, ulangan tengah semester Bentuk instrument: produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap,tes uraian | 6 x 45” (270 mnt) 120 mnt 50 menit | Sumber : buku acuan yang relevan, Koran, majalah.LKS - Bahan persentase Gambar / carta / foto keilmuan |
2.2 Mendeskripsikan ciri – cirri Arcaeobacteria dan Eubacteria juga peranannya dalam kehidupan | * Cirri – cirri arcaeobacteria dan Eubacteria yaitu : organism bersel tunbggal, prokariotik, tidak berklorofil, hidup bebas dan parasit. Berkembangbiak dengan cara membelah diri dan dipengaruhi lingkungan seperti nutrisi, suhu, lingkungan, dll * Peranan bakteri dalam kehidupan sangat luas yaitu bermanfaat dalam industry makanan, maupun dalam keseimbangan yaitu pada siklus biogeokimia. tetapi ada juga yang dapat menimbulkan penyakit | Tatap muka * Melakukan isolasi bakteri dalam lingkungan (air, udara dan tanah), mengamati koloni bacteri melalui kerja kelompok * Melakukan sturi literature menemukan cirri – cirri koloni, struktur tubuh bacteria dan berbagai jenis bacteri berdasarkan bentuknya secara individu * Melalui diskusi kelas mengidentifikasi dari berbagai sumber literature menemukan peranan berbagai bakteri dalam kehidupan Tugas terstruktur * Membuat carta berbagai cara perkembangbiakan Eubacteria melalui tugas terstruktur kelompok Tugas mandiri tidak terstruktur * Menggali informasi dari berbagai sumber literature/media tentang peranan Eubacteria melalui tugas mandiri tidak terstruktur | * Mendeskripsikan cirri – cirri umum Arcaeobacteria dan Eubacteria * Menbedakan Archaeobacteria dan Eubacteria * Menjelaskan cara perkembangbiakan bacteri * Menjelaskan cara mengisolasi bacteria * Menjelaskan berbagai peranan Eubacteriayang menguntungkan dan merugikan dalam kehidupan | Jenis tagihan: tugas kelompok, tugas mandiri, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester Bentuk instrument: produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap,tes uraian | 4 x 45” (180 mnt) 60 menit 48 menit | Sumber : buku acuan yang relevan, Koran, majalah. - LKS - Bahan persentase Gambar / carta / foto keilmuan | |
2.3 Mendeskripsikan ciri – cirri umum filum dalam Kingdom Protista dan peranannya bagi kehidupan | * Cirri – cirri umum Protista Protista mirip hewan, merupakan organism uniseluler, soliter atau berkoloni, mikroskopis, heterotrof,hidup bebas atau parasit, alat gerak berupa flagel, cilia atau pseudopodia * Cirri – cirri umum protista mirip tumbuhan, merupakan organism uniseluler berklorofil dan berukuran mikroskopis dan makroskopis * Cirri – cirri umum protista mirip jamur, selnya memiliki inti lebih dari satu, besifat amuboid atau berflagel, heterotrof,menghasilkan spora, parasit atau pengurai * Peranan protista dalam kehidupan dapat dijadikan sebagai sumber makanan yang bernilai gizi tinggi, sebagai bahan obat – obatan, kosmetik dan pupuk. | Tatap muka * Melakukan kajian literature menemukan cirri – cirri umum protistadan berbagai golongan melalui kerja kelompok * Membandingkan hasil pengamatan dengan carta/gambar/foto/filmberbagai jenis organism protista melalui diskusi kelas Tugas terstruktur * Melakukan kajian literaturcara perkembangbiakan protista melalui tugas terstruktur kelompok * Melakukan pengamatan mikroskopisair kolam, air rendaman jerami, dll. Untuk menemukan karakteristik protista melalui kerja kelompok Tugas mandiri tidak terstruktur * Menggali informasi dari berbagai smber literature/media tentang peranan protista dalam kehidupan melalui tugas mandiri tidak terstruktur | * Medeskripsikan cirri – cirri umum protista * Membedakan organism protista mirip jamur,mirip tumbuhan dan mirip hewan berdasarkan pengamatan * Menjelaskan dasar pengelompokan organism protista mirip jamur,mirip tumbuhan,mirip hewan * Menjelaskan cara perkembangbiakan protista * Membuat carta cara perkembangbiakan dan daur hidup protista * Memberi contoh peranan protista bagi kehidupan * Mengidentifikasi protista yang menguntungkan/merugikan bagi kehidupan manusia | Jenis tagihan: tugas kelompok, tugas mandiri, unjuk kerja, ulangan harian. Bentuk instrument: produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap,tes uraian | 6 x 45” (270 mnt) 220 mnt 50 menit | Sumber : buku acuan yang relevan, Koran, majalah. Alat : Mikroskop,Gelas kimia,Pipet tetes,Kaca objek,Cover glass. Bahan : LKS,Bahan persentase,Gambar / carta / foto,keilmuan,Air kolam,Air rendaman jerami | |
2.4 Mendeskripsikan cirri – cirri dan jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan, dan kajian literature serta peranannya bagi kehidupan | Ciri-ciri jamur : jamur merupakan makhluk eukariotik uniseluler dan multiseluler yang dibungkus dinding glukan, manan dan kitin, tidak berklorofil dan heterotrof Macam-macam spora yang dihasilkan jamur meliputi: 1. Spora aseksual 2. Spora seksual Klasifikasi jamurdibagi dalam 4 golongan yaitu Zygomicota, Ascomycota, Basidiomycota, dan Deuteromycota Peran jamur bagi kehidupan yaitu dalam keseimbangan lingkungan, makanan, dll | Tatap muka * Melakukan pengamatan mikroskopis dan makroskopis melalui kerja kelompok, mengidentifikasikan cirri – cirri dan struktur jamur * Melakukan kajian dari buku literature tentang cara – cara reproduksi jamur dari berbagai golongan melaui kerja kelompok * Menganalisa perbedaan spora vegetative dan generative dari berbagai golongan melalui kerja kelompok Tugas terstruktur * Mengidentifikasi dasar – dasar pengelompokan berbagai jenis jamur melalui tugas individu * Membuat charta daur hidup jamur berbagai golongan melalui kerja kelompok * Melakukan percobaan fermentasi makanan dengan jamur seperti : tape ketan, tape singkong, tempe dengan kerja kelompok Tugas mandiri tidak terstruktur * Melakukan survey/kunjungan ke lokasi pengembangan jamur misalnya : ke pabrik tempe, ke pabrik oncom * Menggali informasi dari berbagai sumber literature/media peranan jamur bagi kehidupan melalui tugas secara kelompok | * Menjelaskankan ciri-ciri umum jamur * Mendeskripsikan cara jamur memperoleh makanan * Membedakan spora aseksual dan seksual * Menggambarkan struktur tubuh fungi dari berbagai golongan * Membedakan berbagai golongan fungi berdasarkan ciri morfologinya * Menjelaskan cara perkembangbiakan yang di temukan pada berbagai jenis jamur * Membuat carta siklus hidup jamur dari berbagai golongan jamur * Menunjukkan contoh jenis – jenis jamur di lingkungan sekitarnya * Menjelaskan contoh peranan jamur bagi kehidupan | Jenis tagihan: 1. Laporan hasil pengamatan 2. Uji kompetensi tertulis Instrumen penilaian: 1. Lembar observasi praktikum 2. Lembar penilaian laporan hasil praktikum 3. Soal uji kompetensi tertulis | 6 x 45” (270 mnt) 220 mnt 50 menit | * Buku kerja 1A, Ign. Khristiyono P.S, Esis * Buku biologi, X Dyah aryuliana dkk, Esis. Bab IV * Contoh jamur * Bahan-bahan pembuat tempe dan tape |