Rabu, 13 April 2011

sem Ganjil

http://www.webinvestama.com/?=dear 
SILABUS KEGIATAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                                  :  SMA NEGERI 3 TEBINGTINGGI
MATA PELAJARAN                    :  BIOLOGI
KELAS/SEMESTER                     :  X  /  GANJIL
TAHUN PELAJARAN                  :  2010  / 2011
STANDART KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER / ALAT / BAHAN
1. Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu
1.1.  Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi
*      Bilologi merupakan ilmu yang mengkaji makhluk hidup dengan segala permasalahnnya. Biologi bagian dari sains yang memiliki karakteristik yang ama dengan ilmu sains lainnya

*      Bekerja ilmiah
Dalam mengembangkan dan mempelajari biologi digunakan metode ilmiah. Para ilmuan harus mampu melakukan kerja ilmiah dan mampu bersikap ilmiah


Tatap muka
*   Melakukan pengamatan kegiatan yang berkaitan dengan Biologi
*   Menganalisa kedudukan ilmu biologi dengan ilmu lain dalam pengembangan IPTEK

Tugas terstruktur
*   Melakukan pengamatan lapangan menemukan ruang lingkup yang berkaitan dengan ilmu biologi

*    Menjelaskan karakteristik ilmu biologi

*    Menjelaskan apa yang dikaji oleh ilmu biologi

*    Menunjukkan kedudukan dan keterkaitan biologi dengan ilmu yang lain

*    Menjelaskan keterkaitan bologi dengan metode imiah

*    Memberikan contoh pemecahan masalah biologi dengan metode ilmiah

*    Memberikan contoh manfaat mempelajari biologi
Jenis tagihan :
Tugas individu, tugas kelompok, ulangan harian

Bentuk Instrumen :
-  Produk penganmatan unjuk kerja
-  Pengamatan sikap
-  Tes PG
-  Tes uraian
4 x 45”
(180 mnt)

150 menit



Sumber : buku acuan yang relevan, Koran, majalah.
Alat :Mikroskop,Gelas kimia,Pipet tetes,Kaca objek,Cover glass
Bahan :
LKS,Bahan,Persentase,Gambar /carta/ foto keilmuan

1.2  Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan
*   Kajian biologi meliputi makhluk hidup dengan segala permasalahannya
*   Masalah biologi pada berbagai organisasi kehidupan
*   Dalam mempelajari dan mengembangkan ilmu biologi digunakan metode ilmiah
Tatap muka
*    Menganalisis apa saja yang menjadi objek biologi menggunakan gambar / carta

Tugas terstruktur
*    Menyaksikan video/CD tentang kerja seorang ahli biologi dalam memecahkan masalah keilmuan, menemukan sistematika metode ilmiah

Tugas mandiri tidak terstruktur
*    Menemukan permasalahan biologi melalui pengamatan kondisi lingkungan sekolah dan mengusulkan alternative pemecahan masalah melalui kerja kelompok
*    Memberikan contoh objek biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan

*    Memberikan contoh masalah biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan

*    Mengusulkan alternative pemecahan masalah biologi dengan rencana penelitian sederhana yang dapat dilakukan

*    Memberikan contoh manfaat mempelajari biologi
Jenis tagihan : tugas kelompok, ulangan harian
Bentuk tagihan : unjuk kerja, pengamatan sikap, pilihan ganda, uraian
4 x 45”
(180 mnt)

60 menit


48 menit

Sumber :
 buku acuan yang relevan, Koran, majalah.LKS
-   Bahan persentaseGambar / carta / foto keilmuan
2. Memahami prinsip – prinsip pengelompokan makhluk hidup
2.1 Mendeskripsikan cirri – cirri replikasi virus dalam kehidupan
*    Cirri – cirri virus: merupakan organism aseluler,dapat dikristalkan,dan hanya dapat berkembang biak pada sel – sel yang hidup

*    Replikasi virus: virus dapat bereplikasi (berkembangbiak) dengan cara menempel pada inangnya(bakteri) secara lisis atau lisogenik

*    Peranan virus dalam kehidupan yaitu sebagai vector dalam rekayasa genetika.Virus merugikan karena dapat menyebabkan penyakit seperti hep[atitis, influenza
Tapi virus juga ada yang menguntungkan manusia yaitu dalam rekayasa genetika
Tatap muka
*         Menganalisis struktur tubuh virus, membandingkannya dengan makhluk hidup lain yang seluler prokariotik dan eukariotik yang multiseluler menggunakan gambar/foto melalui diskusi kelas
*         Menyimpulkan cara replikasi virus dari hasil kajian literature melalui diskusi
*         Mengidentifikasi cara menghindari bahaya virus

Tugas terstruktur
*         Mengidentifikasi cirri – cirri virus berdasarkan referensi gambar/charta/foto dari buku – buku literature melalui tugas individu
*         Membuat gambar struktur tubuh virus dan model virus tiga dimensi melalui kerja kelompok
*         Melakukan kajian literature menemukan cara virus hidup dan melakukan cara replikasi pada sel/ jaringan hidup melalui tugas terstruktur
*    Mengidentifikasikan cirri – cirri virus

*    Membedakan struktur tubuh virus dari makhluk lainnya

*    Menjelaskan cara replikasi virus

*    Mengidentifikasi virus yang berbahaya dan merugikan

*    Menjelaskan peranan virus yang menguntungkan dan merugikan

*    Mengkomunikasikan cara menghindar dari bahaya virus mis Flu burung, Flu babi, influenza, AIDS, dll
Jenis tagihan: tugas kelompok, tugas mandiri, unjuk kerja, ulangan tengah semester
Bentuk instrument: produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap,tes uraian
6 x 45”
(270 mnt)

120 mnt


50 menit
Sumber : buku acuan yang relevan, Koran, majalah.LKS
-   Bahan persentase
Gambar / carta / foto keilmuan

2.2    Mendeskripsikan ciri – cirri Arcaeobacteria dan Eubacteria juga peranannya dalam kehidupan
*    Cirri – cirri arcaeobacteria dan Eubacteria yaitu : organism bersel tunbggal, prokariotik, tidak berklorofil, hidup bebas dan parasit. Berkembangbiak dengan cara membelah diri dan dipengaruhi lingkungan seperti nutrisi, suhu, lingkungan, dll

*   Peranan bakteri dalam kehidupan sangat luas yaitu bermanfaat dalam industry makanan, maupun dalam keseimbangan yaitu pada siklus biogeokimia. tetapi  ada juga yang dapat menimbulkan penyakit
Tatap muka
*         Melakukan isolasi bakteri dalam lingkungan (air, udara dan tanah), mengamati koloni bacteri melalui kerja kelompok
*         Melakukan sturi literature menemukan cirri – cirri koloni, struktur tubuh bacteria dan berbagai jenis bacteri berdasarkan bentuknya secara individu
*         Melalui diskusi kelas mengidentifikasi dari berbagai sumber literature menemukan peranan berbagai bakteri dalam kehidupan

Tugas terstruktur
*         Membuat carta berbagai cara perkembangbiakan Eubacteria melalui tugas terstruktur kelompok

Tugas mandiri tidak terstruktur
*         Menggali informasi dari berbagai sumber literature/media tentang peranan Eubacteria melalui tugas mandiri tidak terstruktur

*    Mendeskripsikan cirri – cirri umum Arcaeobacteria dan Eubacteria

*    Menbedakan Archaeobacteria dan Eubacteria

*    Menjelaskan cara perkembangbiakan bacteri

*    Menjelaskan cara mengisolasi bacteria

*    Menjelaskan berbagai peranan Eubacteriayang menguntungkan dan merugikan dalam kehidupan
Jenis tagihan: tugas kelompok, tugas mandiri, unjuk kerja, ulangan harian, ulangan tengah semester
Bentuk instrument: produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap,tes uraian
4 x 45”
(180 mnt)

60 menit




48 menit

Sumber : buku acuan yang relevan, Koran, majalah.
-   LKS
-   Bahan persentase
Gambar / carta / foto keilmuan

2.3  Mendeskripsikan  ciri – cirri umum filum dalam Kingdom Protista dan peranannya bagi kehidupan
*   Cirri – cirri umum Protista
Protista mirip hewan, merupakan organism uniseluler, soliter atau berkoloni, mikroskopis, heterotrof,hidup bebas atau parasit, alat gerak berupa flagel, cilia atau pseudopodia
*   Cirri – cirri umum protista mirip tumbuhan, merupakan organism uniseluler berklorofil dan berukuran mikroskopis dan makroskopis
*   Cirri – cirri umum protista mirip jamur, selnya memiliki inti lebih dari satu, besifat amuboid atau berflagel, heterotrof,menghasilkan spora, parasit atau pengurai
*   Peranan protista dalam kehidupan dapat dijadikan sebagai sumber makanan yang bernilai gizi tinggi, sebagai bahan obat – obatan, kosmetik dan pupuk.
Tatap muka
*         Melakukan kajian literature menemukan cirri – cirri umum protistadan berbagai golongan melalui kerja kelompok
*         Membandingkan hasil pengamatan dengan carta/gambar/foto/filmberbagai jenis organism protista melalui diskusi kelas

Tugas terstruktur
*         Melakukan kajian literaturcara perkembangbiakan protista melalui tugas terstruktur kelompok

*         Melakukan pengamatan mikroskopisair kolam, air rendaman jerami, dll. Untuk menemukan karakteristik protista melalui kerja kelompok

Tugas mandiri tidak terstruktur
*         Menggali informasi dari berbagai smber literature/media tentang peranan protista dalam kehidupan melalui tugas mandiri tidak terstruktur

*    Medeskripsikan cirri – cirri  umum protista

*    Membedakan organism protista mirip jamur,mirip tumbuhan dan mirip hewan berdasarkan pengamatan

*    Menjelaskan dasar pengelompokan organism protista mirip jamur,mirip tumbuhan,mirip hewan

*    Menjelaskan cara perkembangbiakan protista

*    Membuat carta cara perkembangbiakan dan daur hidup protista

*    Memberi contoh peranan protista bagi kehidupan

*    Mengidentifikasi protista yang menguntungkan/merugikan bagi kehidupan manusia
Jenis tagihan: tugas kelompok, tugas mandiri, unjuk kerja, ulangan harian.

Bentuk instrument: produk pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap,tes uraian
6 x 45”
(270 mnt)



220 mnt


50 menit
Sumber :
buku acuan yang relevan, Koran, majalah.

Alat :
Mikroskop,Gelas kimia,Pipet tetes,Kaca objek,Cover glass.

Bahan :
LKS,Bahan persentase,Gambar / carta / foto,keilmuan,Air kolam,Air rendaman jerami

2.4 Mendeskripsikan cirri – cirri dan jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan, dan kajian literature serta peranannya bagi kehidupan 
Ciri-ciri jamur :
    jamur merupakan makhluk eukariotik uniseluler dan multiseluler yang dibungkus dinding glukan, manan dan kitin, tidak berklorofil dan heterotrof

Macam-macam spora yang dihasilkan jamur meliputi:
1.   Spora aseksual
2.   Spora seksual

Klasifikasi jamurdibagi dalam 4 golongan yaitu
Zygomicota, Ascomycota, Basidiomycota, dan Deuteromycota

Peran jamur bagi kehidupan yaitu dalam keseimbangan lingkungan, makanan, dll
Tatap muka
*      Melakukan pengamatan mikroskopis dan makroskopis melalui kerja kelompok, mengidentifikasikan cirri – cirri dan struktur jamur
*      Melakukan kajian dari buku literature tentang cara – cara reproduksi jamur dari berbagai golongan melaui kerja kelompok
*      Menganalisa perbedaan spora vegetative dan generative dari berbagai golongan melalui kerja kelompok

Tugas terstruktur
*         Mengidentifikasi dasar – dasar pengelompokan berbagai jenis jamur melalui tugas individu
*         Membuat charta daur hidup jamur berbagai golongan melalui kerja kelompok
*         Melakukan percobaan fermentasi makanan dengan jamur seperti : tape ketan, tape singkong, tempe dengan kerja kelompok



Tugas mandiri tidak terstruktur
*    Melakukan survey/kunjungan ke lokasi pengembangan jamur misalnya : ke
     pabrik tempe, ke pabrik oncom
*    Menggali informasi dari berbagai sumber literature/media peranan jamur bagi kehidupan melalui tugas secara kelompok
*      Menjelaskankan ciri-ciri umum jamur

*      Mendeskripsikan cara jamur memperoleh makanan

*      Membedakan spora aseksual dan seksual

*      Menggambarkan struktur tubuh fungi dari berbagai golongan

*      Membedakan berbagai golongan fungi berdasarkan ciri morfologinya

*      Menjelaskan cara perkembangbiakan yang di temukan pada berbagai jenis jamur

*      Membuat carta siklus hidup jamur dari berbagai golongan jamur


*      Menunjukkan contoh jenis – jenis jamur di lingkungan sekitarnya

*      Menjelaskan contoh peranan jamur bagi kehidupan

Jenis tagihan:
1. Laporan hasil pengamatan
2. Uji kompetensi tertulis
 Instrumen penilaian:
1.   Lembar observasi praktikum
2.   Lembar penilaian laporan hasil praktikum
3.   Soal uji kompetensi tertulis
6 x 45”
(270 mnt)

220 mnt




50 menit


*    Buku kerja 1A, Ign. Khristiyono P.S, Esis
*    Buku biologi, X Dyah aryuliana dkk, Esis. Bab IV
*    Contoh jamur
*    Bahan-bahan pembuat tempe dan tape






                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              
 




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar